«
»
  • Aplikasi Perkara
  • Fokus Berita
  • Justice For All
  • Berita Badilag
  • Kumpulan Artikel
image Aplikasi pencarian data perkara, melalui variabel pencarian yang memudahkan. +
 

Pencarian Perkara

melalui aplikasi SIPP

image Mengetahui jadwal persidangan untuk perkara tertentu, jadwal sidang berikutnya, serta rincian data perkara lainnya. +
 

Jadwal Sidang

melalui aplikasi SIPP

image Membaca dan Mengunduh putusan/penetapan yang telah berkekuatan hukum tetap secara digital. +
 

Publikasi Putusan

via website Putusan MARI

 
image Kemudahan memperoleh bantuan hukum bagi masyarakat tidak mampu. +
 

Perkara Prodeo

berperkara tanpa biaya

image Sidang yang digelar di daerah yang letaknya jauh dari gedung pengadilan. +
 

Sidang Keliling

mengantarkan keadilan

image Sekarang masyarakat dengan mudah bisa memperoleh LAYANAN HUKUM dari negara. +
 

Layanan Hukum

via Posyankum/Posbakum

 

KETUA DAN WAKIL KETUA

Painan | PA Painan.go.id

Ketua Pengadilan Agama (PA) Painan, Drs. Naim, SH. melantik secara resmi 2 (dua) orang hakim di Aula PA Painan. Dra. Hj. Firdawati (mutasi dari PA Payakumbuh) dan Zakiyah Ulya, S.HI. (mutasi dari PA Koto Baru). Berdasarkan SK Ketua Mahakamah Agung Republik Indonesia (MARI) Nomor 3799/DjA/KP.04.6/SK/12/2016 dan Nomor 3767/DjA/KP.04.6/SK/12/2016 (27/01/2017).

Dengan dilantiknya 2 (dua) orang hakim tersebut, melengkapi jumlah hakim PA Painan sebelumnya, yaitu 4 (empat) orang hakim. Sebagai pengganti Ahmad Rifai, S.HI. yang dimutasi ke PA Kota Tasikmalaya dan Sulomo, S.Ag. yang dimutasi ke PA Kudus.

Foto: Pelantikan dua hakim oleh Ketua PA Painan 

Master of  Ceremonies (Cut Chairunnisa’, S.H.) dalam acara ini membuka dengan bismillah. Kalam Ilahi dibaca dengan khusyu oleh Yori Sandra Putra (Mahasiswa PKL IAIN IB Padang). Acara mulai bertambah hikmah dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara bersama yang dipandu oleh Fitri (Mahasiswa PKL IAIN IB Padang).

Selanjutnya, Kasubag Kepegawaian dan Ortala PA Painan (Wahyu Trihantoro, S.H.) membacakan Surat Keputusan MARI tentang mutasi hakim yang dilantik. Kemudian pelantikan oleh Ketua PA Painan dan pembacaan fakta integritas oleh hakim yang dilantik. Lagu Padamu Negeri tidak ketinggalan untuk dinyanyikan.

Acara dilanjutkan dengan perkenalan oleh dua hakim yang dilantik, yaitu Dra. Hj. Firdawati dan Zakiyah Ulya, S.HI.. Suasana berubah kocak dengan banyaknya canda tawa yang disuguhkan oleh ibu Firda dan ibu Zakiya.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua PA Painan. “Kami di sini menyambut ibuk-ibuk dengan suka cita. Mulai saya dilantik pada bulan September 2016 kemarin perkara PA Painan ini bertambah banyak, sementara majelis hakimnya cuma dua, majelis saya dan pak wakil”. ungkap  Drs. Naim, SH dengan dialeg Medan.


Foto: Ketua PA Painan memberikan sambutan

“Oleh karena itu, marilah kita bisa bekerja sama dalam menyelesaikan pekerjaan dan selamat bergabung dengan PA Painan. Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang ikut berpartisipasi dalam acara ini. Semoga dibalasi dengan pahala disisi Allah SWT”. tutup Pak Naim.

Acara diakhiri dengan pembacaan do’a dan ucapan selamat kepada 2 orang hakim yang dilantik.

Foto: Ucapan selamat kepada hakim yang dilantik

Tiga Pegawai PA Painan Dimutasi

Pada hari yang sama juga diadakan acara perpisahan dengan tiga pegawai PA Painan. Rizal Razai Thamrin, SH. dimutasi ke PA Muara Labuh, Amelia, S.HI. dimutasi ke PA Solok dan Haryuni Azmi, A.Md. dimutasi ke Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Padang.

Acara dengan mengangkat tema “Bapisah Bukannyo Bacarai” dimulai dengan penyampaian kesan oleh pegawai yang dimutasi. Dalam kesannya, Pak Rizal mengatakan banyak sekali kenang-kenangan saya di PA Painan ini. Mulai saya diangkat menjadi CPNS sampai PNS berbagai pelajaran dan pengalaman saya dapatkan. Sehingga jika saya melewati PA Painan ini saya masih merasa bagian dari PA Painan. Pak Rizal mengakhiri dengan ucapan maaf yang sebesar besarnya kepada Pak Ketua, Pak Wakil, Hakim dan seluruh Pegawai PA Painan.

Foto: Pegawai yang dimutasi sedang menyampaikan kesan

Hal yang serupa juga diutarakan oleh Amelia, S.HI. dan Haryuni Azmi, A.Md karena tiga pegawai tersebut merupakan CPNS dan PNS PA Painan.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian pesan dan kesan dari pegawai PA Painan yang diwakili oleh Sekretaris PA Painan (Rahmel Fitri, SE., SH.). “Kami merasa kehilangan. Pertama, dengan perginya pak Rizal kami merasa tidak ada lagi juru sita pengganti murni di kantor kita ini, selain itu kami kekurangan teman untuk berdiskusi,  bermain tenis dan bersenda gurau bersama teman-teman. Kedua, dengan perginya Amel dan Haryuni kami merasa kesulitan menjalankan pekerjaan khususnya di bagian kesektariatan. Namun, disisi lain dengan dimutasinya saudara-saudara merupakan jenjang meniti karir ke arah yang lebih baik. bekerjalah saudara-saudara di kantor yang baru dengan semaksimal mungkin semoga pengetahuan dan pengalaman saudara-saudara menjadi bertambah”.  


Foto: Pak Rahmel sedang menyampaikan pesan dan kesan

Penyampaian dilanjutkan  dari pimpinan yang diwakili oleh Panitera PA Painan, Drs. Hasan Basri SY. “Kehidupan dunia penuh dengan lika liku yang biasa kita sebut dengan dinamika kehidupan. Ada pertemuan, ada pula perpisahan. Ada bahagia ada susah. Ada senang ada benci. Namun, kita disuruh untuk senantiasa menghubungkan tali silaturrahmi dan saling memaafkan. Mari kita satukan hati kita walaupun berjauhan tepat kerja. Ini yang membawa kita kepada kelapangan hidup di dunia ini menuju akhirat kelak. Kami mewakili seluruh warga PA Painan meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada saudara-saudara yang sudah dipindah tugaskan, semoga saudara-saudara sukses bekerja di tempat yang baru.  

Hiburan dari Mahasiswa PKL IAIN IB Padang mewarnai acara perpisahan kali ini dengan menampilkan beberapa tembang.

Acara ditutup dengan pemberian kenang-kenangan dan bersalam-salaman kepada tiga pegawai yang dimutasi.

Foto: Pemberian kenang-kenangan kepada pegawai yang dimutasi


Foto: Bersalam-salaman dengan Pegawai yang dimutasi 

(NB/FORDILAG PA PAINAN/PTA-PADANG)